Catatan tak terkalahkan Manchester United di bawah Ole Gunnar Solskjaer di Premier League berakhir setelah Arsenal mampu meraih tiga poin di rumah mereka sendiri, Emirates Stadium.

Gol dari Granit Xhaka dan penalti dari Pierre-Emerick Aubameyang memastikan kemenangan Arsenal 2-0 atas United, sekaligus menghentikan rekor tak terkalahkan Manchester United di liga di bawah Solskjaer sejak menggantikan Jose Mourinho pada bulan Desember.

Mengawali laga dengan cuaca dingin dan berangin di London Utara, Manchester United dikejutkan dengan gol Arsenal di menit ke-12.

Tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti oleh Xhaka tiba-tiba berbelok ke arah kanan yang membuat David de Gea mati langkah setelah ia sebelumnya berkerak ke arah kiri untuk mengamankan bola.

Arsenal hentikan catatan tak terkalahkan United di bawah Ole di Premier League

Selebrasi Xhaka usai mencetak gol pertama Arsenal

Beberapa saat sebelum gol terjadinya, United memiliki peluang nyata dari Romelu Lukaku, memanfaatkan umpan silang dari Luke Shaw, upayanya di depan gawang masih membentur mistar gawang, Paul Pogba yang mengambil kembali bola rebound mengirim umpan silang ke dalam kotak penalti namun tidak ada yang menyambutnya, dan kemudian sepakan dari Diogo Dalot juga berhasil di blok.

Di babak kedua, United meningkatkan serangan dengan beberapa peluang berhasil di dapat namun tidak ada yang menghasilkan gol.

Arsenal hentikan catatan tak terkalahkan United di bawah Ole di Premier League

Lukaku gagal memanfaatkan peluang untuk mencetak gol

Luke Shaw kembali mengirim umpan kepada Lukaku di kotak penalti, mungkin karena ada teriakan offside dan striker asal Belgia itu juga berpikir demikian yang membuatnya terlalu lama untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dengan bola di kakinya, membiarkan Leno keluar dari tempatnya, dan menghalangi usahanya untuk mencetak gol.

Berupaya mencari gol penyama dengan menyerang bertubi-tubi, pemain United membuat kesalahan saat Arsenal mendapat kesempatan untuk melakukan serangan, Fred menjatuhkan Lacazette di dalam kotak penalti dan wasit Jonathan Moss menunjuk titik putih.

Arsenal hentikan catatan tak terkalahkan United di bawah Ole di Premier League

Aubameyang mencetak gol kedua Arsenal dari titik penalti

Aubameyang, yang menjadi penendang sukses memasukkan gol setelah sebelumnya di laga derby London Utara ia gagal mencetak gol dari titik penalti.

Tertinggal 2-0, Ole Gunnar Solskjaer memberi debut kepada Mason Greenwood di Premier League sekaligus meningkatkan serangan United, tetapi peluangnya untuk membuat dampak dramatis terbatas.

Hingga akhir laga, skor tidak berubah dan hasil ini berarti Arsenal berhasil menggeser United di posisi keempat dalam perebutan tempat di Liga Champions.

Arsenal hentikan catatan tak terkalahkan United di bawah Ole di Premier League

Menggantikan Nemanja Matic (kiri), Mason Greenwood menjalani laga debutnya di Premier League

Dikutip dari Sky Sports, menanggapi kekalahan pertama timnya di liga, Ole Gunnar Solskjaer mengatakan: “Kami memulai dengan lambat, mungkin serangan balik dari Rabu malam, tetapi kami menciptakan peluang dan ketika mereka mendapatkan gol pertama itu menjadi pertandingan yang berbeda.

“Kami menciptakan begitu banyak peluang daripada saat kami mengalahkan mereka di Piala FA. Kadang-kadang itu terjadi, kami mengenai mistar dua kali dan memiliki lima peluang yang sangat besar bagi diri kami sendiri. Kami hanya harus pergi untuk itu menjelang akhir, tetapi kami tidak benar-benar melakukannya dan itu adalah salah satu hari di mana Anda harus membersihkan diri dari debu.”

 

Baca juga:

Kirim scout ke Kroasia, United incar bek muda Benfica

Ole memberi pesan kepada para pemain akademi United untuk mencontoh dua bintang Class of 92

Arsenal vs Manchester United, duel memperebutkan posisi empat

Beli rumah di Manchester, Gareth Bale semakin dekat ke Old Trafford?

Kontrak Ole Gunnar Solskjaer bersama Molde telah diakhiri sebelum ke Man United