Laga big match tersaji di awal tahun baru 2020, saat Manchester United mengunjungi markas Arsenal di Emirates Stadium.

Man United berupaya untuk mengawali tahun baru 2020 dengan meraih hasil baik saat berlaga di Emirates Stadium, setelah awal musim mereka yang kurang bagus di Premier League.

Perlahan, permainan Setan Merah mulai membaik, dan saat ini berada di posisi kelima klasemen dan di dua laga terakhir mereka mereka meraih dua kemenangan beruntun yang membuat mereka saat ini tinggal berjarak empat poin saja dari posisi keempat, dalam upaya mereka untuk menembus empat besar.

Arsenal vs Man United: Big Match di awal tahun 2020
Arsenal telah menunjuk Mikel Arteta sebagai manajer baru mereka

Namun hal itu diyakini tidak mudah dengan belum lama ini Arsenal telah menunjuk manajer baru, Mikel Arteta, setelah serangkaian hasil buruk yang mereka peroleh di awal musim yang membuat mereka berada di posisi 12 klasemen Premier League.

Setelah dua laga yang dijalani Arteta sebagai manajer berakhir dengan sekali imbang dan sekali kalah, Arsenal berhasrat meraih kemenangan di awal tahun 2020.

Tetapi mereka justru diragukan tanpa beberapa pilar utama mereka. Kondisi Granit Xhaka masih akan dinilai lebih lanjut setelah absen dalam kekalahan 2-1 dari Chelsea karena sakit.

Calum Chambers tampaknya akan absen juga di laga ini karena mengalami cedera lutut, begitu juga dengan Rob Holding (lutut), Kieran Tierney (bahu), Sead Kolasinac (pergelangan kaki) dan Sokratis Papastathopoulos (kepala).

Namun Dani Ceballos telah kembali berlatih, dan Gabriel Martinelli serta Hector Bellerin dapat kembali memperkuat Arsenal.

Arsenal vs Man United: Big Match di awal tahun 2020
Paul Pogba akan kembali memperkuat Man United

Sedangkan Manchester United, gelandang mereka Paul Pogba diperkirakan akan kembali memperkuat Manchester United setelah absen dalam kemenangan mereka atas Burnley pada hari Minggu.

Begitu juga dengan Aaron Wan-Bissaka dan Luke Shaw setelah mereka diistirahatkan pada akhir pekan kemarin.

Namun, Axel Tuanzebe, Marcos Rojo, Scott McTominay, Eric Bailly dan Timothy Fosu-Mensah masih absen karena cedera.

Menghadapi Arsenal, Manchester United memiliki catatan kurang bagus di tiga pertandingan terakhir, dengan mengalami satu kekalahan dan dua kali meraih hasil imbang.

United juga mengalami tiga kekalahan dan hanya sekali menang dari empat pertemuan tandang dengan mereka di Premier League, kemenangan itu terjadi pada Desember 2017, di mana United mengalahkan Arsenal dengan skor 3-1.

Arsenal vs Man United: Big Match di awal tahun 2020
Dua gol dari Jesse Lingard dan satu dari Antonio Valencia antarkan Man United menang atas Arsenal 3-1 di Emirates pada Desember 2017

Secara keseluruhan, kedua tim telah bertemu sebanyak 231 kali, dengan Man United memenangkan 99 laga, imbang 49 kali dan kalah 83 kali.

Dan pertemuan ini menjadi pertemuan ketiga antara kedua tim di Premier League pada awal tahun baru, dengan United telah memenangkan dua pertemuan sebelumnya dengan skor yang sama, 2-0, pada tahun 1912 dan 1949.

Laga ini akan dipimpin oleh Chris Kavanagh, dengan dibantu oleh dua asisten wasit, Sian Massey-Ellis dan Constantine Hatzidakis. Sementara itu, Craig Pawson akan bertugas sebagai official keempat dan VAR menjadi tanggung jawab Paul Tierney dan asistennya Stephen Child.

Baca juga:

Man United semakin gencar untuk mendapatkan Jadon Sancho

Man Utd incar gelandang muda Benfica, Gedson Fernandes

Man Utd umumkan Craig Mawson sebagai asisten pelatih kiper tim utama

Scholes puji trio lini depan Man United, namun khawatir di lini lain

Tolak Man United, Erling Haaland pilih Dortmund