Berkunjung kemarkas Aston Villa di Villa Park menjadi laga yang wajib dimenangkan oleh Manchester City untuk menggeser Leicester yang berada di posisi kedua klasemen Premier League.

Kekalahan 1-2 Leicester dari Southampton memberi angin segar bagi Manchester City yang berada di posisi ketiga, dengan mereka saat ini hanya berjarak satu poin dari Leicester.

Dan kemenangan di Villa Park akan membuat City naik ke posisi kedua menggeser Leicester, sambil berupaya mengejar poin Liverpool yang berada di puncak klasemen.

Namun menghadapi Aston Villa di Villa Park, Man City tidak dapat diperkuat oleh Kevin De Bruyne, setelah playmaker asal Belgia itu mengalami cedera usai kemenangan mereka atas Man United di Piala Carabao.

Aston Villa vs Man City Laga Wajib Menang City di Villa Park
De Bruyne absen saat City menghadapi Aston Villa

Mereka juga belum dapat menurunkan Aymeric Laporte dan Leroy Sane yang masih harus absen di laga ini, meski keduanya mulai kembali berlatih setelah mengalami cedera parah di awal musim.

Tuan rumah Aston Villa sendiri berharap dapat mencuri poin saat menghadapi juara bertahan City, demi mengamankan posisi mereka di klasemen Premier League musim ini.

Mereka saat ini berada di posisi 17 dengan hanya terpaut satu poin saja dari zona degradasi.

Villa mendapat amunisi baru setelah berhasil mendatangkan Danny Drinkwater dengan status pinjaman dari Chelsea minggu ini, dan siap membuat debutnya untuk tim.

Aston Villa vs Man City Laga Wajib Menang City di Villa Park
Aston Villa mendapat amunisi baru dengan kedatangan Danny Drinkwater

Mereka juga dapat menurunkan kembali Matt Targett setelah sebelumnya absen karena cedera hamstring, tetapi mereka tampaknya tidak akan diperkuat oleh Jonathan Kodjia karena sakit.

Keinan Davis juga absen karena cedera hamstring, begitu juga dengan Tom Heaton dan Wesley di mana keduanya menjalani operasi untuk cedera lutut yang mereka alami akhir musim minggu ini.

John McGinn (patah pergelangan kaki) dan Jed Steer (Achilles) juga absen untuk memperkuat Villa saat menjamu City.

Kedua tim telah saling berhadapan sebanyak 170 kali, dengan City meraih 72 kemenangan, 41 imbang dan 57 kali kalah di semua kompetisi sejak pertemuan pertama kedua tim pada 1899.

Aston Villa vs Man City Laga Wajib Menang City di Villa Park
Man City kalahkan Villa 3-0 di Etihad musim ini

Pada 11 pertemuan terakhir di Premier League, Manchester City masih terlalu kuat untuk Villa dengan mereka mencatatkan sembilan kemenangan, termasuk kemenangan 3-0 di Etihad musim ini, dengan laga lain berakhir sekali imbang dan sekali kalah.

Kekalahan itu sendiri terjadi pada 2013 di mana Aston Villa berhasil mengalahkan City dengan skor 3-2 di Villa Park.

Bahkan Manchester City meraih clean sheet dalam delapan dari 10 pertemuan terakhir dengan Aston Villa di Premier League.

Dan saat berlaga di Villa Park, di lima pertemuan terakhir mereka, Man City juga memiliki catatan apik dengan tiga kali menang, sekali imbang dan sekali kalah.

Laga ini akan dipimpin oleh Jonathan Moss dengan dibantu oleh dua asisten wasit, Harry Lennard, Eddie Smart. David Coote akan bertugas sebagai official keempat dan Graham Scott bersama asistennya Adam Nunn akan bertanggung jawab pada VAR.

Baca juga:

Pep beri perkembangan baru tentang Laporte

Bayern tidak ingin datangkan Sane pada transfer Januari

Man United 1-3 Man City: Manchester Biru Selangkah Lebih Dekat Menuju Final Carabao Cup

Man United vs Man City: Semifinal leg 1 Carabao Cup

Pep meyakini John Stones belum mencapai potensi terbaiknya

One Comments

Tinggalkan Balasan