Manchester City bangkit dari ketertinggalan untuk meraih kemenangan 4-1 atas Brighton, sekaligus mempertahankan gelar Premier League pada laga terakhir di liga musim ini.

Pasukan Pep Guardiola dibuat khawatir dalam laga yang menegangkan di Amex Stadium, saat Sadio Mane mencetak gol pembuka untuk Liverpool yang membuat pasukan Jurgen Klopp itu menggusur City di puncak klasemen.

Keadaan semakin menegangkan untuk Manchester City saat Glenn Murray memecah kebuntuan yang membawa tuan rumah Brighton memimpin pada menit ke-27.

Brighton 1-4 Manchester City City sukses mempertahankan gelar Premier League

Glenn Murray membawa Brighton unggul terlebih dahulu

Namun Sergio Aguero berhasil merespon gol itu dengan menyamakan kedudukan 83 detik kemudian, dan City mulai tenang saat sundulan Aymeric Laporte memastikan keunggulan City di babak pertama.

Fans City mulai bisa bernafas lega saat City memperlebar skor menjadi 3-1 saat Riyad Mahrez mengarahkan bola ke sudut atas gawang pada menit ke-63.

Brighton 1-4 Manchester City City sukses mempertahankan gelar Premier League

Sergio Aguero merespon cepat gol Murray dengan menyamakannya 83 detik kemudian

Dan tendangan bebas Ilkay Gundogan yang indah memicu perayaan yang liar dari para pemain, staf dan fans yang hadir.

Kemenangan atas Brighton ini menghakhiri perburuan gelar Premier League yang ketat dengan City unggul satu poin dari Liverpool dengan 98 poin, dan menjadi tim pertama sejak 2009 yang mampu mempertahankan gelar.

Brighton 1-4 Manchester City City sukses mempertahankan gelar Premier League

Ilkay Gundogan mengunci kemenangan City lewat tendangan bebasnya

Pep Guardiola usai laga mengucapkan terima kasih kepada rival mereka, Liverpool, dalam musim yang luar biasa untuk memberi persaingan ketat demi gelar Premier League.

Dikutip dari Sky Sports, Pep mengatakan: “Saya tentu saja harus mengucapkan selamat kepada Liverpool. Terima kasih banyak.

“Mereka membantu mendorong kami dan meningkatkan standar kami dari musim lalu. Bersaing melawan tim ini mendorong kami untuk melakukan apa yang telah kami lakukan.

Brighton 1-4 Manchester City City sukses mempertahankan gelar Premier League

Man City sukses mempertahankan gelar Premier League

“Luar biasa, 198 poin dalam dua musim berturut-turut. Kami membuat standar lebih tinggi musim lalu dan Liverpool membantu kami – untuk memenangkan gelar ini kami harus menang 14 kali berturut-turut.

“Kami tidak bisa kehilangan satu poin pun. Ini adalah gelar terberat yang kami menangi sepanjang karier saya, sejauh ini.”

 

Baca Juga:

Pep beri update mengenai cedera De Bruyne dan Fernandinho

Brighton vs Man City: Laga menentukan City untuk mempertahankan gelar Premier League

Man City terancam kehilangan dua bek berpengalamannya

Man City bantah ingin mendatangkan gelandang Sporting Lisbon, Bruno Fernandes

Bernardo Silva bertekad untuk mencetak sejarah bersama Man City