Manchester City melangkah ke perempat final Piala Carabao usai menundukkan Southampton 3-1 di Etihad Stadium.

Pep Guardiola membuat sembilan perubahan pada timnya setelah mengalahkan Aston Villa pada hari Sabtu, dengan pemain muda mereka, Phil Foden, Eric Garcia dan Tommy Doyle dipercaya oleh Pep menjadi starter.

Berbeda dengan Foden dan Garcia yang telah mendapat kesempatan bermain untuk tim utama, bagi Doyle ini adalah debut pertamanya.

Duo Argentina mengantarkan Man City mengalahkan Southampton 3-1
Tommy Doyle membuat debut pertamanya bersama tim senior Man City

Gelandang yang masih berusia 18 tahun itu memiliki silsilah yang tidak jauh dari klub, dengan kedua kakeknya – Mike Doyle dan Glyn Pardoe – adalah bagian dari tim City yang memenangkan gelar Divisi Pertama lama pada tahun 1968, Piala FA pada tahun 1969 dan Piala Liga pada tahun 1970.

Tampil dengan formasi 4-3-3, dengan C.Bravo, K.Walker, N.Otamendi, E.Garcia, Angelino, B.Silva, T.Doyle, P.Foden, R.Mahrez, S.Aguero, G.Jesus dalam starting line-up Man City, duo Argentina menjadi bintang di laga menghadapi Southampton ini.

Gol dari Nicolas Otamendi di menit ke-20 membuka keunggulan City. Berawal dari sepak pojok pendek yang dilakukan Doyle kepada Silva, gelandang asal Porugal itu kemudian mengirim umpan silang yang langsung disambut oleh Otamendi untuk gol pertama mereka.

Duo Argentina mengantarkan Man City mengalahkan Southampton 3-1
Otamendi mencetak gol pembuka City di menit ke-20

Tekanan terus dilakukan tuan rumah Manchester City, dan di menit ke-38 gol kedua mereka tercipta. Umpan silang rendah dari Kyle Walker dengan mudah diselesaikan oleh Aguero yang berdiri bebas di depan gawang.

Di babak kedua, Aguero kembali mencetak gol yang membuat City unggul 3-0. Di menit ke-56, tendangan keras dari Riyad Mahrez berbelok ke arah Aguero setelah mengenai pemain bertahan Southampton, Jan Bednarek.

Dan sebelum bola berhasil diamankan oleh Alex McCarthy, kaki Aguero berhasil menjangkau bola terlebih dahulu untuk memasukkannya ke gawang Southampton.

Kesempatan City untuk memperbesar keunggulan gagal setelah McCarthy menggagalkan upaya dari Mahrez tidak lama kemudian.

Duo Argentina mengantarkan Man City mengalahkan Southampton 3-1
Aguero (tengah) mencetak dua gol di laga ini

Dan Southampton akhirnya mampu melesakkan tembakan pertamanya di menit ke-65, namun upaya dari Sofiane Boufal masih dapat ditepis oleh Claudio Bravo.

Bravo pun berhasil melakukan penyelamatan dari upaya yang di lakukan Shane Long, namun gawangnya akhirnya jebol setelah Stephens mencetak gol di menit ke-74, memanfaatkan sepak pojok yang dilakukan James Ward-Prawse.

Kemenangan ini membuat City melaju ke babak perempat final Piala Carabao dalam perjalanan mereka untuk mempertahankan trofi.

Dan dua gol yang dicetak Aguero, menandai pertandingan ke-350nya bersama Manchester City, dengan musim ini ia telah mencetak total 12 gol.

Baca juga:

Presiden Brescia mengklaim bahwa Man City meminati Sandro Tonali

Piala Carabao: Preview Man City vs Southampton

Pep Guardiola berharap Laporte lekas pulih dari cedera

Susah payah, Man City akhirnya mampu menaklukkan Aston Villa 3-0

Bek City, Zinchenko absen hingga lima minggu