Wakil ketua eksekutif Manchester United, Ed Woodward dengan keras memberikan pembelaannya terkait kritikan terhadap struktur klub.

Ia dikritik karena klub dianggap dijalankan oleh orang-orang non-sepakbola yang membuat keputusan sepakbola di United, namun ia menegaskan bahwa itu adalah penghinaan.

Woodward juga menegaskan bahwa sisi komersial tidak pernah diutamakan dalam masalah sepakbola.

Tekanan pada Woodward semakin meningkat dalam beberapa bulan terakhir, dengan posisi Manchester United di klasemen hanya berjarak dua poin dari zona degradasi.

Ed Woodward beri pembelaan terkait struktur klub
Ed Woodward (kiri) dan salah satu dari keluarga Glazer, Avram Glazer (kanan)

Keputusannya untuk mempermanenkan Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer sebelum akhir musim lalu juga telah banyak dikritik dengan United hanya meraih lima kemenangan dari 23 pertandingan terakhir mereka.

Dan sejak menggantikan David Gill pada 2013 sebagai ketua eksekutif, United telah menghabiskan £ 892 juta untuk mendatangkan pemain.

Berbicara kepada semua staf Man United, termasuk Ole Gunnar Solskjaer pada pertemuan tahunan di Old Trafford, ia memberi pembelaan dan memperjelas bahwa klub adalah prioritasnya.

“Kenyataannya dari Manchester United ialah kami adalah klub dalam dua bagian,” kata Woodward dikutip dari MEN.

“Pertama-tama, kami adalah lembaga sepakbola 141 tahun yang luar biasa dengan semua sejarah itu, semua warisan itu, semua tradisi itu dan tradisi kesuksesan itu. Itu tidak akan pernah bisa berubah. Kita harus tetap melindunginya.

Ed Woodward beri pembelaan terkait struktur klub
Ada dua bagian di dalam klub, menurut Woodward

“Lalu, seperti klub sepak bola lainnya, bisnis komersial kami memungkinkan kami untuk berinvestasi kembali di sisi sepak bola. Begitulah cara keduanya berinteraksi satu sama lain di Manchester United sehingga kami memiliki keunggulan kompetitif di bidang ini. Yang penting adalah sisi komersial tidak pernah diizinkan untuk memprioritaskan sisi sepakbola.

“Ada mitos bahwa kita memiliki orang-orang non-sepak bola yang membuat keputusan sepakbola, dan saya pikir itu menghina orang-orang brilian yang bekerja di sisi sepakbola di klub ini.

“Banyak staf senior di sisi sepakbola klub telah menjalani peran mereka selama lebih dari 10 tahun. Beberapa scout kami telah bekerja bersama kami selama lebih dari 25 tahun.

“Kami telah memperluas departemen rekrutmen kami dalam beberapa tahun terakhir dan kami percaya ini sekarang berjalan dengan cara yang efisien dan produktif. Rekomendasi pemain dan keputusan sedang dikerjakan oleh departemen ini dan oleh manajer tim utama dan stafnya, bukan oleh manajemen senior.

“Visi Ole memetakan tepat ke tiga tujuan inti sepakbola yang kita miliki: Kita harus memenangkan trofi, kita harus bermain sepakbola menyerang, dan kita harus memberi kesempatan kepada para pemuda.

Ed Woodward beri pembelaan terkait struktur klub
Ole dianggap tepat dalam memetakan tiga tujuan inti sepakbola di United

“Musim lalu kami adalah klub terdepan di Premier League dalam hal menit pertandingan paling banyak diberikan kepada lulusan akademi kami sendiri. Kita semua harus bangga bahwa investasi signifikan yang telah kami lakukan di akademi kami – mencakup rekrutmen, fasilitas, dan analisis – kini membuahkan hasil.

“Ada banyak lagi yang perlu kita lakukan dalam hal itu tetapi itu akan datang dalam beberapa tahun ke depan. Kita tahu ini adalah keunggulan kompetitif yang kuat bagi kita dan area yang akan terus kita fokuskan dan investasikan. Tetapi ini tetap menjadi jantung klub.

“Pertengahan musim lalu, setelah kedatangan Ole, terasa paling relevan dengan apa yang ingin kita capai dan di mana kita ingin berada. Kami melihat tim bermain sepak bola cepat dan lancar, dengan representasi jelas gaya dan filosofi yang diinginkan manajer.

“Ole juga menanamkan disiplin kembali ke lingkungan di mana kita mungkin tidak memilikinya dalam beberapa tahun terakhir. Dia sedang membangun skuad yang menghormati sejarah klub, di mana para pemain bekerja keras dan menghormati rekan satu tim mereka. Tidak ada yang lebih besar dari klub.

“Perubahan yang kami lihat selama musim panas telah menghasilkan skuad yang sangat muda. Tapi itu juga sebuah skuad, dengan para pemain dan budaya, yang menyediakan base camp bagi kami untuk membangun dan tumbuh ketika kita memulai perjalanan baru kita.”

Baca juga:

Brandon Williams menandatangani kontrak baru di United

Man United sangat dekat untuk datangkan Allegri

Cedera, De Gea diragukan tampil saat United menghadapi Liverpool

Kevin Glazer akan menjual 13 % sahamnya di Man United

Redknapp meminta Pochettino untuk bertahan, bahkan jika ada tawaran dari Man United