Manchester City berupaya meraih trofi Piala FA keenamnya saat mereka menghadapi Watford di Wembley, dan bisa menjadi tim pertama yang memenangkan treble domestik di Inggris.

City telah mengoleksi dua trofi domestik di Inggris musim ini, memenangkan gelar Premier League dan Piala Liga, dan mereka dapat meraih treble jika mampu meraih kemenangan di final Piala FA.

Final Piala FA: Manchester City vs Watford, dengan City berpeluang meraih treble
Man City menjuarai Premier League 2018/19

Namun lawan mereka, Watford bisa menjadi penghalang bagi Man City untuk memenangkan trofi itu, menjadi tim keempat yang memenangkan kedua kompetisi piala domestik di musim yang sama, setelah Arsenal melakukannya pada 1992-93, Liverpool pada 2000-01 dan Chelsea pada 2006-07.

Manajer City, Pep Guardiola sadar akan kekuatan Watford, namun ia ingin skuadnya fokus dan memenangkan final ini.

Final Piala FA: Manchester City vs Watford, dengan City berpeluang meraih treble
Pep Guardiola mewaspadai permainan Watford

“Kami merayakan kemenangan di liga selama beberapa hari, tetapi kami sekarang fokus pada Watford, karena kami tahu betapa sulitnya melawan mereka dalam pertandingan saat di kandang,” kata Pep dikutip dari Sky Sports.

“Itu adalah keputusan yang salah dari wasit untuk menjadikannya 1-0, dan mereka memiliki banyak kualitas di depan dengan [Roberto] Pereyra, [Will] Hughes, Deulofeu dan [Troy] Deeney.

“Bola panjang untuk Deeney selalu tak terbendung, bahkan dengan pemain belakang kami yang tangguh. Mungkin, Deeney adalah striker sentral terbaik untuk mengarahkan bola kepada rekan-rekan setimnya dari bola-bola panjang.

Final Piala FA: Manchester City vs Watford, dengan City berpeluang meraih treble
Pep mewaspadai bola-bola panjang kepada Troy Deeney

“Dengan [Abdoulaye] Doucoure dan bagaimana ia tiba di kotak 18-yard, dan dengan [Jose] Holebas yang merupakan pengambil bola mati yang luar biasa, kami tahu itu akan sulit tetapi mudah-mudahan untuk satu hari lagi kami dapat fokus menjadikan Piala FA layak untuk menjadi juara lagi.”

Menjelang laga final, Man City berharap gelandang berpengalamannya Fernandinho, dapat mencapai level kebugaran setelah ia absen dalam tiga pertandingan terakhir karena cedera lutut, dan telah kembali berlatih minggu ini.

Berita baiknya, Kevin De Bruyne bisa tampil untuk City setelah kembali dari cedera hamstring, dan bermain sebagai pemain pengganti di laga menghadapi Brighton pekan lalu. Tetapi bek kiri Benjamin Mendy dipastikan absen karena kembali mengalami cedera.

Final Piala FA: Manchester City vs Watford, dengan City berpeluang meraih treble
Kevin De Bruyne telah pulih dari cedera hamstring

Di kubu Watford, Jose Holebas dapat kembali bermain setelah FA membatalkan kartu merah yang di dapatnya saat menghadapi West Ham di laga terakhir Premier League.

Laga di final ini menjadi penampilan satu-satunya Watford di final Piala FA, setelah sebelumnya mereka berada di final pada 1984 di bawah manajer Graham Taylor, namun mereka kalah 0-2 dari Everton di Wembley.

Dan Manchester City tercatat telah menyingkirkan Watford dari Piala FA dari tiga pertandingan sebelumnya, mengalahkan mereka dengan skor 3-1 di musim 1999-97, 3-0 di 2012-13 dan 4-1 di 2013-14.

Final Piala FA: Manchester City vs Watford, dengan City berpeluang meraih treble
Man City telah tiga kali menyingkirkan Watford di Piala FA dalam tiga pertemuan terakhir

Satu-satunya kemenangan Watford atas City terjadi pada musim 1985-86 di babak keempat Piala FA.

Dari statistik Piala FA, tidak ada tim yang finis di papan tengah di liga teratas yang pernah mengalahkan tim di peringkat atas untuk menjuarai Piala FA sejak 1957, ketika itu Aston Villa yang berada di peringkat ke-10 mengalahkan sang juara Manchester United.

Baca Juga:

Manchester City berpotensi mendapat larangan bermain di Liga Champions

Oleksandr Zinchenko: menjuarai Piala FA sama pentingnya dengan gelar Premier League

Pep Guardiola siap habiskan £ 200 juta untuk memperkuat skuad City musim depan

Kompany merasa gelar Premier League 2018/19 adalah yang paling memuaskan

Pep Guardiola memberi penghormatan kepada Liverpool dalam persaingan gelar Premier League