Manchester City berhasil meraih poin penuh di Turf Moor setelah menang tipis 1-0 dari Burnley berkat gol yang dicetak oleh Sergio Aguero.

Tersisa tiga laga lagi usai City meraih kemenangan atas Man United pada pertengahan pekan, dan mereka harus memenangkan ketiganya jika ingin mempertahankan gelar Premier League.

Pasukan Pep Guardiola langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal, dan tuan rumah hanya memiliki 31 persen kepemilikan bola, namun justru peluang terbaik datang dari Burnley.

Di menit ke-22, Chris Wood berhasil lolos dari penjagaan pemain bertahan Man City, namun sentuhan pertamanya yang tidak sempurna memungkinkan Ederson berlari untuk mengambil bola dari kakinya.

Gol tunggal dari Aguero bawa City taklukkan Burnley 0-1 di Turf Moor

Ederson berhasil mengamankan bola dari upaya Chris Wood

Tidak lama kemudian Manchester City mendapat peluang, namun tembakan Bernardo Silva berhasil diamankan Tom Heaton dari jarak 12 yard, dan sepakan Sergio Aguero masih melebar.

Di babak kedua City meningkatkan intensitas serangan mereka yang membuat Heaton jatuh bangun menyelamatkan gawangnya dari upaya Aguero, Bernardo Silva dan Aymeric Laporte.

Gol itu akhirnya datang di menit ke-63 saat Aguero berhasil melakukan tembakan dari jarak dekat dan Lowton tidak mampu menahannya di garis gawang.

Manchester City hampir saja menambah gol, namun kali ini Lowton berhasil memblok bola di garis gawang untuk mencegah Jesus menambah keunggulan City.

Gol tunggal dari Aguero bawa City taklukkan Burnley 0-1 di Turf Moor

Sergio Aguero merayakan golnya ke gawang Burnley

Hingga peluit akhir dibunyikan skor tidak berubah, dan dengan kemenangan ini Man City kembali ke puncak klasemen menggeser Liverpool dengan keunggulan satu poin, dan menyisakan dua pertandingan lagi untuk memastikan gelar Premier League.

Dikutip dari Sky Sports, Pep Guardiola menanggapi kemenangan timnya: “Kami menguasai babak pertama tetapi lapangannya sangat kering, rumputnya sangat panjang, dan ada masalah dalam menggerakkan bola. Itu adalah ide mereka, tetapi bahkan dengan itu kami mengendalikan banyak hal.

“Di babak kedua kami memiliki level lain, dan menciptakan tiga, empat atau lima peluang yang tidak mudah melawan mereka – tapi kami berhasil, dan sekarang tinggal dua pertandingan lagi.”

 

Baca Juga:

Hadapi Burnley, Man City wajib meraih poin penuh untuk menggeser Liverpool

Pep Guardiola memberikan update mengenai cedera De Bruyne dan Fernandinho

Pep Guardiola meminta pemainnya untuk tenang dan fokus

Manchester City berjuang seperti binatang untuk mempertahankan gelar, kata Fernandinho

REVIEW PREMIER LEAGUE: Manchester United 0-2 Manchester City