Manchester United berhadapan dengan FK Partizan di laga ketiga Grup L Liga Europa di Beograd, dengan Partizan Stadium menjadi tempat yang tidak akan dilupakan oleh Setan Merah.

Partizan Stadium atau yang sebelumnya dikenal sebagai JNA Stadium memegang tempat khusus dalam sejarah Manchester United, karena di sanalah pasukan Busby Babes memainkan pertandingan terakhir mereka sebelum bencana menimpa mereka di Munich yang dikenal dengan Munich Air Disaster yang merenggut sebagian besar skuad utama United.

Pada saat itu, United berhadapan dengan rival Partizan, Red Star pada leg kedua perempat final Liga Champions (dulu bernama European Cup) pada 1958, di mana kedua tim bermain imbang 3-3 yang membuat United meraih kemenangan agregat 5-4 dan lolos ke semifinal menghadapi AC Milan.

Liga Europa: FK Partizan vs Manchester United
Foto terakhir pasukan Busby Babes di Beograd, sebelum bencana Munich menimpa mereka

Dan kali ini, di laga menghadapi Partizan, United berada di urutan kedua klasemen Grup L dengan memiliki poin yang sama dengan Partizan, namun mereka unggul selisih gol.

Meski dua lawan sebelumnya (Astana dan AZ Alkmaar) menjadi lawan baru United, namun tidak dengan Partizan.

United tersingkir di babak semifinal European Cup (Liga Champions) pada 1966 dengan skor aggregat 2-1.

Berkunjung ke markas Partizan, Man United dapat kembali menurunkan Aaron Wan-Bissaka dan Anthony Martial yang telah pulih dari cedera setelah mereka berdua diturunkan dalam laga menghadapi Liverpool pada hari Minggu kemarin.

Liga Europa: FK Partizan vs Manchester United
Martial (kanan) kembali bermain saat ia masuk menggantikan Rashford dalam laga menghadapi Livepool pada hari Minggu

Namun untuk Luke Shaw dan Jesse Lingard, meski Ole Gunnar Solskjaer mengisyaratkan bahwa mereka segera kembali ke tim utama, namun belum dapat dipastikan keduanya akan segera diturunkan setelah keduanya pulih dari cedera.

Partizan adalah tim tersukses kedua di Serbia setelah Red Star. Mereka telah menjuarai 27 kejuaraan nasional, termasuk 11 kali menjuarai Yugozlav First League, delapan kali Serbia and Montenegro First League dan delapan kali Serbian Super Liga.

Di babak grup Liga Europa kali ini, Partizan berada di posisi pertama setelah bermain imbang 2-2 dengan AZ Alkmaar dan mencatatkan kemenangan 2-1 atas Astana.

Liga Europa: FK Partizan vs Manchester United
Gol dari Mason Greenwood antarkan United meraih kemenangan 1-0 atas Astana

Sedangkan United berada di posisi kedua dengan poin yang sama dari hasil kemenangan 1-0 atas Astana dan bermain imbang tanpa gol saat menghadapi AZ Alkmaar.

Pada pertandingan ini, wasit asal Spanyol, Xavier Estrada Fernandez akan memimpin jalannya pertandingan, dengan Roberto Alonso Fernandez dan Inigo Prieto Lopez de Cerain menjadi asistennya.

Pablo Gonzalez Fuertes akan bertugas sebagai ofisial keempat, dan sistem Video Assistant Referee (VAR) tidak akan digunakan di Liga Europa musim ini hingga laga final di Gdansk pada 27 Mei 2020.

Baca juga:

Solskjaer isyaratkan Man United bisa kembali memakai tiga bek

Man United meningkatkan minat mereka pada Timo Werner

Man Utd bersiap diri untuk tawaran baru Putra Mahkota Saudi

Roy Keane sarankan United ‘tangkap’ Harry Kane

Man United 1-1 Liverpool: Gol dari Lallana gagalkan kemenangan United