Laga derby Manchester kali ini berakhir merah, dengan Manchester United berhasil menundukkan tuan rumah Manchester City dengan skor 1-2 di Etihad Stadium.

Merah adalah warna kebesaran seragam Manchester United, sedangkan untuk Manchester City memiliki warna seragam biru.

Kedua tim sama-sama ingin mendapatkan tiga poin, dengan Man City berupaya untuk menutup celah dengan Liverpool yang berada di puncak klasemen dan Man United juga ingin mendapatkan poin penuh dalam upaya mereka untuk masuk ke empat besar Premier League.

Manajer United, Ole Gunnar Solskjaer memainkan taktik yang jarang digunakan yaitu bermain dengan garis yang lebih tinggi, dan hasilnya membuat tuan rumah City kerepotan.

Empat pemain depan United, Marcus Rashford, Daniel James, Jesse Lingard dan Anthony Martial leluasa mengobrak-abrik lini pertahanan Man City, yang memaksa Ederson melakukan penyelamatan berkali-kali.

Man City 1-2 Man United: Derby Manchester Berakhir Merah
Rashford membuka keunggulan United dari titik putih

Dan akhirnya, mimpi buruk tuan rumah dimulai setelah Bernardo Silva menjatuhkan Marcus Rashford di dalam kotak penalti. VAR digunakan untuk melihat kejadian tersebut, dan keputusannya adalah memberikan penalti untuk Manchester United.

Marcus Rashford yang menjadi eksekutor, tidak menyia-nyiakan kesempatan yang didapatnya, dan dengan tenang striker asal Inggris itu berhasil menaklukkan Ederson untuk keunggulan United di menit ke-23.

Tertinggal 1-0, Manchester City bangkit dan berjuang untuk mendapatkan gol penyeimbang, namun justru gawang mereka hampir kembali kebobolan.

Beruntung, Rashford menyia-nyiakan peluang ketika tinggal berhadapan dengan Ederson, dimana tembakannya masih melebar dari gawang, dan upaya keduanya masih membentur tiang.

Namun hal itu tidak berlangsung lama, fans United kembali bersorak saat Anthony Martial berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-29.

Man City 1-2 Man United: Derby Manchester Berakhir Merah
Selebrasi Martial usai mencetak gol kedua Man United

Bekerjasama dengan Daniel James, Martial berhasil masuk kotak penalti City dan melesakkan tendangan dengan kaki kirinya dari jarak 15 yard yang tidak dapat diantisipasi oleh Ederson.

Semakin tertinggal, Manchester City meningkatkan serangan mereka, namun upaya dari Gabriel Jesus masih gagal menghasilkan gol.

Upaya mendapatkan penalti juga gagal saat Fred terlihat handball saat mengantisipasi umpan silang dari Kyle Walker, namun berdasarkan pengamatan VAR hal tersebut bukan handball.

Memasuki babak kedua, tuan rumah Manchester City kembali mengambil kendali pertandingan yang membuat United hanya bisa bertahan.

Namun lagi-lagi upaya mereka untuk mencetak gol gagal setelah David de Gea melakukan penyelamatan akrobatiknya untuk menggagalkan upaya dari Rodri .

Setelah upaya serangan yang dilakukan, Man City akhirnya dapat mencetak gol di menit ke-85. Berawal dari sepak pojok Riyad Mahrez, Nicolas Otamendi yang mengantikan John Stone yang cedera berhasil menyundul bola masuk ke gawang De Gea.

Man City 1-2 Man United: Derby Manchester Berakhir Merah
Satu-satunya gol City dicetak oleh Nicolas Otamendi

Mendapatkan satu gol, Man City semakin bersemangat dan terus memberi tekanan kepada United untuk menyamakan kedudukan, namun tim tamu bertahan dengan sangat baik hingga peluit akhir dibunyikan.

Kekalahan dari United semakin memperlebar jarak City dengan Liverpool – yang meraih kemenangan 3-0 atas Bournemouth – menjadi 14 poin dalam upaya mereka untuk mempertahankan gelar Premier League.

Sedangkan bagi Man United, kemenangan ini berhasil mengangkat posisi mereka ke urutan lima klasemen Premier League, dan tinggal berjarak lima poin dari Chelsea yang berada di posisi keempat.