Juara bertahan Manchester City berhasil lolos ke putaran keempat Piala FA usai menundukkan Port Vale 4-1 di Etihad Stadium.

Menghadapi tim dari League Two, tuan rumah City dibuat terkejut di awal laga di mana Port Vale justru memperoleh peluang tepat sasaran terlebih dahulu.

Umpan-umpan para pemain Man City juga tidak seperti biasanya, yang membuat Pep mendesak timnya untuk bermain dengan intensitas yang lebih baik lagi.

Man City 4-1 Port Vale: Juara bertahan lolos ke putaran keempat Piala FA
Tendangan jarak jauh Zinchenko berhasil menjebol gawang Port Vale

Dan hasilnya di menit ke-20, Oleksandr Zinchenko berhasil memecah kebuntuan yang membuat City unggul atas Vale.

Umpan pendek dari Ilkay Gundogan kepada Zinchenko kemudian dilanjutkan dengan yang tembakan rendah dari jarak 25 meter yang sempat mengenai kapten Vale, Leon Legge, sebelum masuk ke sudut bawah gawang.

Lima menit kemudian, Manchester City hampir saja menggandakan keunggulan mereka andai Sergio Aguero berhasil memanfaatkan bola rebound dari tembakan David Silva yang mengenai mistar gawang.

Man City 4-1 Port Vale: Juara bertahan lolos ke putaran keempat Piala FA
Tom Pope behasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1

Namun di menit ke-35, City dikejutkan dengan gol yang dicetak oleh Tom Pope. Berawal dari David Amoo yang berlari di sisi kanan, ia kemudian memberi umpan silang ke dalam kotak penalti yang disambut oleh Pope dengan sundulan untuk menaklukkan Claudio Bravo, yang membuat pendukung Vale bersorak.

Tetapi hal itu tidak berlangsung lama, tujuh menit kemudian, Sergio Aguero berhasil membawa City kembali unggul saat umpan Phil Foden kepada Joao Cancelo kemudian diteruskan dengan umpan silang yang disambut oleh Aguero untuk mencetak gol kedua tuan rumah.

Butuh waktu untuk memastikan gol tersebut dengan VAR memeriksa apakah Cancelo berada dalam posisi offside saat menerima umpan dari Foden tersebut, sebelum akhirnya gol tersebut di sahkan.

Man City 4-1 Port Vale: Juara bertahan lolos ke putaran keempat Piala FA
Gol dari Aguero berhasil membuat City kembali unggul atas Vale

Di babak kedua, Manchester City semakin meningkatkan serangan mereka, dan mereka hampir menambah gol andai Scott Brown tidak melakukan penyelamatan dari sundulan Bernardo.

Kiper Port Vale itu juga kembali beraksi untuk mengamankan gawangnya dari tendangan voli Phil Foden dari jarak delapan meter.

Tapi gawangnya akhrinya kebobolan lagi di menit ke-58, saat John Stones menendang bola ke arah gawang setelah memanfaatkan sundulan dari Aguero, dan sepakannya tersebut mengenai lutut Harwood-Bellis sebelum masuk ke gawang yang membuat keunggulan City menjadi 3-1.

Man City 4-1 Port Vale: Juara bertahan lolos ke putaran keempat Piala FA
Harwood-Bellis mencetak gol ketiga Man City

VAR kembali hadir untuk memeriksa gol tersebut apakah terjadi offside atau tidak, dan hasilnya tidak ada offside sehingga gol tersebut kemudian disahkan oleh wasit.

Tidak lama berselang, tim tamu seharusnya dapat mencetak gol kedua mereka, namun peluang emas yang mereka miliki setelah terjadi kesalahan di lini belakang City tidak dapat dimanfaatkan dengan baik saat sundulan Tom Conlon melebar dari gawang.

Man City 4-1 Port Vale: Juara bertahan lolos ke putaran keempat Piala FA
Gol dari Foden menutup kemenangan 4-1 Man City atas Port Vale

Manchester City akhirnya mengunci kemenangan mereka di menit ke-77 saat umpan panjang Angelino berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Phil Foden yang berlari masuk ke dalam kotak penalti.

Dengan kemenangan ini berarti Man City berhak melangkah ke putaran keempat Piala FA, dan langkah mereka semakin dekat untuk mempertahankan gelar.

Baca juga:

Man City vs Port Vale: Juara bertahan dihadang tim League 2 di putaran ketiga Piala FA

Man City 2-1 Everton: Dua gol Jesus beri City kemenangan pertama di tahun baru

Man City vs Everton: Tuan rumah coba awali musim baru dengan hasil positif

Man City tidak akan mendatangkan pemain di bulan Januari

Man City 2-0 Sheffield United: City tutup akhir tahun 2019 dengan manis