Dua klub asal kota Manchester, Man City dan Man United saling berhadapan dalam laga lanjutan Premier League, dengan derby kali ini sarat akan kepentingan.

Manchester City berupaya mengincar tiga poin untuk tetap menjaga jarak dengan Liverpool di puncak klasemen dalam upaya untuk mempertahankan gelar, dan hasil imbang ataupun kalah akan semakin menjauhkan jarak poin mereka yang saat ini telah berjarak 11 poin.

Manchester United sendiri juga mengincar tiga poin dalam upaya mereka untuk masuk lima besar, yang saat ini hanya terpaut dua poin saja dari Wolves, sedangkan empat besar masih jauh dengan berjarak 8 poin dari Chelsea.

Man City vs Man Utd: Derby sarat kepentingan
Man City sukses menekuk Burnley 4-1

Kedua tim sama-sama dalam performa bagus setelah pada pertandingan terakhir baik City maupun United sama-sama meraih kemenangan.

Man City berhasil mengalahkan Burnley dengan skor telak 4-1 berkat dua gol yang dicetak oleh Gabriel Jesus dan masing-masing satu dari Rodri dan Riyad Mahrez.

Sedangkan Man United, mereka sukses menundukkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-1, dengan Marcus Rashford mencetak dua gol kemenangan mereka di Old Trafford.

Man City vs Man Utd: Derby sarat kepentingan
Man United taklukkan Tottenham 2-1 di Old Trafford

Dalam derby ini, Manchester City dapat kembali diperkuat oleh Oleksandr Zinchenko dan Ilkay Gundogan, dimana Zinchenko telah pulih dari cedera lutut yang didapatnya pada bulan Oktober, sedangkan Gundogan dapat kembali setelah menjalani skorsing satu pertandingan karena akumulasi kartu.

Namun mereka masih belum dapat menurunkan Sergio Aguero (paha), Aymeric Laporte dan Leroy Sane (keduanya lutut) karena cedera.

Di kubu tamu, Manchester United masih belum dapat menurunkan Paul Pogba di laga derby ini, dan kondisi Anthony Martial juga masih tanda tanya.

Man City vs Man Utd: Derby sarat kepentingan
Aguero absen di laga derby karena cedera

Pogba telah absen sejak September karena cedera pergelangan kaki, dan berupaya untuk membangun kebugarannya. Sementara itu, Martial absen dalam kemenangan atas Tottenham karena mengalami cedera saat United berhadapan dengan Aston Villa dan Ole berharap agar striker asal Prancis itu dapat fit untuk laga derby ini.

Namun United mendapat kabar gembira dengan Nemanja Matic semakin fit dan dapat kembali memperkuat Man United dalam waktu dekat ini, sementara Eric Bailly, Diogo Dalot dan Timothy Fosu-Mensah masih membangun kebugaran mereka setelah pulih dari cedera.

Kedua tim telah saling berhadapan sebanyak 18 kali di Etihad Stadium sejak Man City pindah ke rumah baru mereka pada tahun 2003.

Man City vs Man Utd: Derby sarat kepentingan
Ole Berharap Martial dapat memperkuat United di laga derby

Dari 18 pertemuan tersebut, kedua tim sama-sama mencatatkan delapan kemenangan, dengan dua laga berakhir imbang.

Namun dalam beberapa pertemuan terakhir, Manchester United justru meraih hasil bagus di Etihad dengan mencatatkan dua kemenangan dan sekali imbang dari empat kunjungan terakhir mereka ke Etihad di Premier League.

Dan kekalahan mereka terjadi di musim lalu saat gol-gol dari David Silva, Sergio Aguero dan Ilkay Gundogan hanya mampu dibalas oleh Anthony Martial melalui titik penalti dalam kemenangan City 3-1 atas United.

Manchester City juga memiliki catatan bagus di kandang dalam 27 pertandingan terakhir di Premier League, dengan memenangkan 24 laga, sekali imbang dan hanya dua kali kalah.

Man City vs Man Utd: Derby sarat kepentingan
Kedua tim telah bertemu sebanyak 18 kali di Etihad Stadium

Tetapi mereka juga harus waspada dengan Manchester United memiliki catatan bagus saat berhadapan dengan tim dari enam besar, dimana mereka belum pernah kalah menghadapi mereka musim ini, termasuk menjadi satu-satunya tim yang sejauh ini mampu menahan imbang Liverpool di Premier League musim ini.

Dua kemenangan mereka raih saat menghadapi Leicester yang saat ini berada di peringkat ke-2 dan Chelsea (4), serta hasil imbang lainnya mereka catatkan saat menghadapi Wolves yang saat ini berada di posisi ke-5.

Derby Manchester ini akan dipimpin oleh Anthony Taylor, dengan wasit berusia 41 tahun itu akan dibantu oleh Gary Beswick dan Adam Nunn sebagai asisten wasit. Sementara itu, Mike Dean akan berperan sebagai official keempat dan Michael Oliver, dengan dibantu oleh Marc Perry sebagai asistennya akan bertanggung jawab pada VAR.