Manchester City menjamu Port Vale di putaran ketiga Piala FA dalam upaya mereka untuk mempertahankan gelar.

Usai mengalahkan Watford di final musim lalu, Man City bertekad untuk mempertahankan trofi mereka di musim ini, dan Port Vale bertekad memberi yang terbaik saat berkunjung ke Etihad Stadium.

Meski bermain di kasta League Two dan menempati posisi 10 klasemen, namun Pep tidak akan menganggap enteng lawannya tersebut meski di atas kertas Manchester City jauh diatas Port Vale.

Dengan Aymeric Laporte dan Leroy Sané yang masih absen karena cedera, begitu juga dengan Nicolas Otamendi, Eric Garcia dan Phil Foden kemungkinan akan menjadi starter di laga ini.

Man City vs Port Vale: Juara bertahan dihadang tim League 2 di putaran ketiga Piala FA
Eric Garcia kemungkinan besar diturunkan untuk mengawal lini belakang City

Sergio Agüero juga kemungkinan besar akan diturunkan setelah pulih dari cedera, dan membutuhkan menit bermain lebih banyak untuk meningkatkan kebugarannya.

Di kubu tamu, Port Vale tidak memiliki masalah dengan pemain cedera, dan mantan striker Liverpool David Amoo tampaknya akan menjadi bagian dari lini serang timnya.

Kapten tim, Tom Pope juga akan kembali setelah berada di bangku cadalangan saat Port Vale ditahan imbang Macclesfield.

Kedua tim sebelumnya telah bertemu dalam 23 kesempatan di semua kompetisi, di mana Manchester City mencatatkan 18 kemenangan, sekali imbang dan empat kali kalah.

Man City vs Port Vale: Juara bertahan dihadang tim League 2 di putaran ketiga Piala FA
City terakhir kali bertemu Port Vale 21 tahun yang lalu

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada 30 Oktober 1999, di mana saat itu City mengalahkan Port Vale di markas mereka sendiri dengan skor 2-1, saat kedua tim sama-sama masih berlaga di divisi League 1.

Sedangkan pertemuan terakhir di markas City (saat itu bernama Maine Road), City juga meraih kemenangan dengan skor yang sama (2-1), juga saat kedua tim masih berlaga di League 1 pada 2 Oktober 1999.

Laga ini akan dipimpin oleh Lee Mason dengan dibantu oleh Nick Hopton dan Adrian Waters sebagai asisten wasit. Sebastian Stockbridge akan bertugas sebagai official keempat dan VAR menjadi tanggung jawab Michael Dean bersama asistennya, Daniel Robathan.

Baca juga:

Man City 2-1 Everton: Dua gol Jesus beri City kemenangan pertama di tahun baru

Man City vs Everton: Tuan rumah coba awali musim baru dengan hasil positif

Man City tidak akan mendatangkan pemain di bulan Januari

Man City 2-0 Sheffield United: City tutup akhir tahun 2019 dengan manis

Man City vs Sheffield United: City berharap hasil positif di akhir tahun