Gol dari Mason Greenwood berhasil menyelamatkan Man United dari kekalahan setelah tertinggal terlebih dahulu melalui gol bunuh diri Victor Lindelof.

Usai meraih dua kemenangan beruntun dari Tottenham dan Manchester City, United tampil penuh percaya diri di kandang sendiri, Old Trafford saat menjamu Everton.

Hanya dalam 15 detik, Man United sudah memiliki peluang untuk unggul melalui Jesse Lingard, namun sayang sepakannya masih melebar dari gawang Jordan Pickford.

Namun setelah itu United tidak benar-benar memanfaatkan awal baik mereka, dengan hanya Marcus Rashford dan Daniel James yang mampu memberi ancaman nyata pada Pickford.

Man United 1-1 Everton: Gol dari Greenwood selamatkan United dari kekalahan
Upaya dari Rashford masih gagal menghasilkan gol

Dan perlahan Everton mulai mampu memberikan tekanan, dengan Dominic Calvert-Lewin dan Richarlison memberi ancaman pada lini pertahanan Man United.

Tekanan-tekanan yang mereka berikan akhirnya berbuah manis saat bek United, Victor Lindelof hanya bisa terdiam ketika dia melakukan gol bunuh diri di menit ke-36.

Berawal dari sepak pojok, Leighton Baines memberi umpan ke dalam kotak penalti yang memberi masalah pada David de Gea. Berada di bawah tekanan dari Calvert-Lewin, De Gea hanya bisa meninju dengan lemah bola yang mengarah kepadanya, dan akibatnya bola masih meluncur lurus ke arah Lindelof.

Bola yang tiba-tiba datang kearahnya, membuat bek asal Swedia itu tidak sempat bereaksi dan bola memantul masuk ke gawang.

Man United 1-1 Everton: Gol dari Greenwood selamatkan United dari kekalahan
Gol bunuh diri Lindelof (kanan) membuat United tertinggal 1-0

Sebelum gol tersebut di sahkan, VAR memeriksa kemungkinan adanya pelanggaran terhadap De Gea saat Calvert-Lewin terlihat memberi tekanan pada kiper asal Spanyol tersebut, namun dari hasil pengecekan tidak terlihat adanya pelanggaran dan gol akhirnya disahkan.

Di babak kedua, Manchester United meningkatkan tekanan mereka untuk mendapat gol penyeimbang, namun peluang yang mereka dapat masih gagal untuk memberi ancaman nyata pada Jordan Pickford.

Butuh waktu hingga menit ke-62 untuk United benar-benar memberi ancaman nyata pada Pickford, namun upaya dari Luke Shaw masih belum juga menghasilkan gol.

Tidak kunjung mencetak gol, manajer United Ole Gunnar Solskjaer memasukkan striker muda Mason Greenwood untuk menambah daya serang mereka.

Man United 1-1 Everton: Gol dari Greenwood selamatkan United dari kekalahan
Mason Greenwood (kanan) mencetak gol untuk menyamakan kedudukan

Dan keputusan tersebut terbukti tepat, Greenwood yang tampil mengesankan dengan mencetak dua gol ke gawang AZ Alkmaar di Liga Europa, berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-77.

Menerima umpan dari Daniel James, striker asal Inggris yang masih berusia 18 tahun itu melihat celah untuk melepaskan tembakan mematikan ke sudut bawah gawang Pickford yang tidak dapat dijangkau oleh kiper no.1 Inggris tersebut.

Hingga laga berakhir, skor tidak berubah dan hasil imbang ini membuat posisi Man United turun satu peringkat ke posisi enam klasemen, dan gagal memanfaatkan kekalahan Chelsea dari Bournemouth untuk memangkas jarak dengan posisi empat klasemen Premier League tersebut.

Baca juga:

Ole temui langsung perwakilan Haaland

Man Utd vs Everton: United incar kemenangan ketiga beruntun di liga

Berbatov peringatkan Ole jika ingin mendatangkan Erling Haaland

Aura bintang Greenwood terbaca Ole sejak dia masih berusia tujuh tahun

Man United 4-0 AZ Alkmaar: 11 menit yang menghancurkan