Manchester United berhasil mengalahkan AZ Alkmaar dengan skor telak 4-0 di Old Trafford, dengan 11 menit yang menghancurkan.

United dan AZ telah dipastikan lolos ke babak 32 besar Liga Europa, dan laga ini menjadi penentu siapa yang akan memuncaki klasemen Grup L.

Man United berada di posisi pertama dengan 10 poin, unggul satu poin dari AZ yang berada di urutan kedua, dan kemenangan salah satu pihak akan memastikan mereka berada di puncak.

Ole membuat sembilan perubahan dari tim yang mengalahkan Man City 2-1 di Etihad. Manchester United tampil dengan Sergio Romero, Ashley Young, Harry Maguire, Axel Tuanzebe, Brandon Williams, Nemanja Matic, James Garner, Mason Greenwood, Juan Mata, Andreas Herrera dan Anthony Martial saat menghadapi AZ.

Man United 4-0 AZ Alkmaar: 11 menit yang menghancurkan
Skuad yang diturunkan Ole saat United menghadapi AZ (Photo: Clive Brunskill/Getty Images)

Di 10 menit babak pertama, United tampil datar dan tim tamu justru tampil lebih bersemangat dengan Yukinari Sugawara dan Oussama Idrissi mampu memberi ancaman kepada Sergio Romero.

Butuh sekitar 30 menit bagi Man United untuk bangun dan memberi ancaman pada lini pertahanan AZ, namun peluang yang didapat Juan Mata dan Harry Maguire masih belum menghasilkan gol.

AZ bahkan hampir membuat United tertinggal, namun upaya dari Dani de Wit di menit ke-41 masih belum mampu menjebol gawang Romero, dan jelas, babak pertama sepenuhnya menjadi milik AZ.

Man United 4-0 AZ Alkmaar: 11 menit yang menghancurkan
Ashley Young membuka keunggulan United di menit ke-53

Namun permainan United membaik di babak kedua, dan hanya butuh waktu delapan menit sejak peluit dibunyikan untuk memberi mimpi buruk bagi AZ.

Manchester United menciptakan empat gol hanya dalam 11 menit yang seketika itu menghancurkan semangat tim tamu.

Usai membuat pergerakan cantik, Juan Mata berhasil melepaskan umpan yang berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh kapten United, Ashley Young di menit ke-53 untuk membuka keunggulan United.

Lima menit kemudian, dari jarak 20 yard, Mason Greenwood berhasil menggandakan keunggulan United menjadi 2-0.

Man United 4-0 AZ Alkmaar: 11 menit yang menghancurkan
Mason Greenwood mencetak dua gol ke gawang AZ Alkmaar

Bukannya berhati-hati setelah tertinggal 2-0, pemain AZ Jordy Clasie justru membuat kesalahan dengan menjatuhkan Greenwood di dalam kotak penalti. Wasit pun tidak ragu untuk menunjuk titik putih.

Juan Mata yang menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan yang di dapat untuk semakin memperbesar keunggulan United menjadi 3-0 di menit ke-62.

Man United 4-0 AZ Alkmaar: 11 menit yang menghancurkan
Selebrasi Juan Mata (kiri) usai mencetak gol dari titik putih

Dan dua menit kemudian, gol kedua Greenwood membuat para pemain AZ semakin tidak bersemangat setelah striker muda berusia 18 tahun itu mencetak gol dengan kaki kirinya ke sudut bawah gawang AZ yang dikawal oleh Marco Bizot.

Kemenangan ini membuat United keluar sebagai juara grup dengan mengumpulkan 13 poin, sedangkan AZ harus puas sebagai runner-up dengan 9 poin.

Baca juga:

Targetkan dua gelandang baru, Man Utd siap melepas Pogba

Man United vs AZ Alkmaar: United tampaknya kembali menurunkan skuad muda

Joel Glazer pastikan posisi Ole Gunnar Solskjaer di Man Utd aman

Man United beri Ole dana besar untuk datangkan Saul Niguez dan Erling Haaland

Erling Haaland menjawab spekulasi ke Man United