Manchester United dan AZ Alkmaar telah dipastikan lolos ke babak selanjutnya di Liga Europa, namun di laga ini United tampaknya akan kembali menurunkan tim muda meski sedang memperebutkan posisi puncak klasemen Grup L.

Posisi teratas Grup L Liga Europa masih diperebutkan oleh Man United dan AZ Alkmaar, dengan United berada di pucak dengan keunggulan satu poin.

Hasil imbang cukup untuk membawa Manchester United berada di puncak klasemen, sedangkan AZ Alkmaar membutuhkan kemenangan jika ingin menggeser pasukan Ole Gunnar Solskjaer.

Namun dalam menghadapi jadwal yang mepet dengan Premier League, Ole tampaknya akan kembali merotoasi timnya seperti saat laga tandang menghadapi Astana, dengan mereka menurunkan banyak pemain muda dari akademi.

Man United vs AZ Alkmaar: United tampaknya kembali menurunkan skuad muda
Ole dihadapkan dengan jadwal yang mepet setelah laga menghadapi AZ

Perlu diketahui bahwa dua hari setelah laga menghadapi AZ Alkmaar di Liga Europa, United dihadapkan dengan pertandingan Premier League menghadapi Everton pada hari Minggu (15/12) di Old Trafford, dan kemenangan di liga penting bagi mereka dalam upaya untuk masuk ke empat besar.

Saat menghadapi Astana di Kazakhstan, Ole menurunkan banyak pemain akademi dan hanya empat pemain senior saja yang diturunkan untuk menemani pemain-pemain muda United.

Skuad saat itu terdiri dari Lee Grant (36), Ethan Laird (18), Axel Tuanzebe (22), Di’Shon Bernard (19), Luke Shaw (24), James Garner (18), Dylan Levitt (19), Tahith Chong (20), Jesse Lingard (26), Angel Gomes (19) dan Mason Greenwood (18).

Dan kemungkinan, skuad yang diturunkan saat menghadapi AZ Alkmaar tidak jauh berbeda dari skuad saat menghadapi Astana.

Man United vs AZ Alkmaar: United tampaknya kembali menurunkan skuad muda
Skuad yang diturunkan Ole saat menghadapi Astana di Kazakhstan

Di laga nanti, Ole tampaknya juga masih belum dapat menurunkan Eric Bailly, Diogo Dalot, Tim Fosu-Mensah, Nemanja Matic, Marcos Rojo dan Paul Pogba, dengan manajer asal Norwegia itu menegaskan bahwa 2020 United akan memiliki pasukan yang fit.

“Kami mendapatkannya kembali dan, katakanlah, pada tahun 2020 kami akan memiliki pasukan yang kuat dan bugar,” kata Ole dikutip dari web resmi klub.

“Mereka bekerja keras untuk kembali dan mereka ingin menjadi bagian dari tim ini.”

Di kubu tamu, AZ Alkmaar dipastikan tanpa Myron Boadu karena suspensi, namun meski tanpa striker andalan mereka, mereka bertekad untuk menang di Old Trafford.

Man United vs AZ Alkmaar: United tampaknya kembali menurunkan skuad muda
Pada pertemuan pertama, United dan AZ bermain imbang 0-0

AZ belum terkalahkan di fase grup dengan mencatatkan dua kemenangan dan tiga kali imbang yang membuat mereka berada di posisi kedua dengan 9 poin, termasuk hasil imbang tanpa gol dengan United pada bulan Oktober.

Sedangkan United sendiri berada di puncak grup dari hasil tiga kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah. Kekalahan itu (2-1) terjadi saat mereka berkunjung ke markas Astana, di mana mereka menurunkan hampir sebagian besar tim muda dari akademi.

Laga ini akan dipimpin oleh Sandro Scharer dengan dia akan dibantu oleh Stephane De Almeida dan Bekim Zogaj sebagai asisten wasit, sedangkan Fedayi San akan bertugas sebagai offisial keempat.

Baca juga:

Joel Glazer pastikan posisi Ole Gunnar Solskjaer di Man Utd aman

Man United beri Ole dana besar untuk datangkan Saul Niguez dan Erling Haaland

Erling Haaland menjawab spekulasi ke Man United

Pelaku dugaan rasis dalam derby Manchester tertangkap

Harry Maguire ungkap kunci meningkatnya performa Man United