Manchester United berpeluang untuk melangkah ke semifinal Piala Carabao saat mereka kedatangan tim dari divisi Football League Two, Colchester United dalam laga perempat final Piala Carabao.

Namun mereka harus mewaspadai sepak terjang Colshester di kompetisi ini, di mana mereka berhasil menyingkirkan dua klub asal Premier League untuk sampai ke babak perempat final.

Colchester – satu-satunya tim dari level terendah yang tersisa di kompetisi ini – berhasil melangkah ke babak perempat final dengan mengalahkan dua klub dari Premier League, Crystal Palace dan Tottenham Hotspur. Di dua laga tersebut mereka berhasil menang melalui adu penalti setelah bermain imbang 0-0.

Man United vs Colchester: United waspadai tim pembunuh Premier League
Colchester melangkah ke perempat final usai menundukkan Tottenham melalui adu penalti

Man United sendiri berhasil melangkah ke babak perempat final usai menang adu penalti atas Rochdale dan berhasil mengalahkan Chelsea 2-1 di babak 16 besar.

Kedua tim sama-sama memiliki ambisi, dengan manajer Man United Ole Gunnar Solskjaer berharap timnya dapat melangkah ke semifinal untuk pertama kalinya sejak mereka terakhir kali mencapainya pada musim 2016/17, dan bahkan bertekat untuk menjuarainya seperti yang mereka raih saat itu, usai mengalahkan Southampton di final Piala Carabao 2016/17.

“Saya pikir kami menunjukkan bahwa dengan tim ini kami melawan Chelsea, kami menganggapnya serius,” kata Ole dikutip Indomancunia dari Sky Sports.

Man United vs Colchester: United waspadai tim pembunuh Premier League
Kalahkan Chelsea 2-1, Man United melangkah ke babak perempat final Piala Carabao

“Meskipun kami berada dalam kesulitan di liga, masih penting bagi kami untuk menciptakan momentum dan kepercayaan pada para pemain. Jadi kami berharap untuk mencapai final.

“Setiap pemain atau tim mana pun – dan, bagi kami, ini adalah tim baru yang sedang kami bangun – akan mendapat manfaat dari memenangkan trofi atau mencapai final. Tentu saja, memenangkannya adalah hal yang utama. Sekarang kami memiliki kesempatan untuk masuk ke semifinal dan, bagi kami, pertandingan ini adalah salah satu yang terbesar.”

Sedangkan bagi Colshester, tim asuhan John McGreal ini ingin mencapai semifinal untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Dikutip dari Sky Sports, “Ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi para pemain, klub dan bagi para penggemar,” kata McGreal.

Man United vs Colchester: United waspadai tim pembunuh Premier League
Manchester United saat menjuarai Piala Carabao 2016/17

“Mereka pantas mendapatkannya dan ini adalah kesempatan bagi mereka untuk pergi dan menikmati diri mereka sendiri, tetapi Anda tidak ingin menjadi kelinci di lampu depan.”

“Kamu ingin mencoba dan menikmati kesempatan itu, tetapi kamu juga ingin memberikan pertanggungjawaban yang bagus tentang dirimu sendiri – itu hal besar.

“Mereka menganggap itu mungkin kehadiran terbesar yang pernah dimainkan klub di depan – ini adalah pertandingan besar bagi klub dan para pemain.”

Menjamu Colchester, Paul Pogba masih belum dapat diturunkan karena sakit, dan diperkirakan akan kembali berlatih minggu ini setelah pulih dari cedera pergelangan kakli yang didapatnya pada bulan September.

Diogo Dalot bisa tampil untuk pertama kalinya sejak absen pada bulan Oktober, tetapi Marcos Rojo, Timothy Fosu-Mensah dan Eric Bailly masih absen untuk United.

Di kubu Colchester, Courtney Senior diragukan tampil untuk memperkuat tim setelah mendapat cedera saat mereka menghadapi Scunthorpe United pada hari Sabtu.

Namun John McGreal berharap pemain berusia 22 tahun itu tidak mengalami cedera serius seperti yang dikhawatirkan.

Man United vs Colchester: United waspadai tim pembunuh Premier League
Diogo Dalot kemungkinan dapat kembali diturunkan usai pulih dari cedera

Ini akan menjadi pertemuan ketiga bagi kedua tim dengan Manchester United memenangkan dua pertemuan sebelumnya, 1-0 di Piala FA pada 1979 dan 2-0 di Piala Liga (Carabao) pada 1983.

Namun Manchester United memiliki catatan kurang baik dari lima pertandingan terakhir mereka di perempat final Piala Carabao, dengan mereka tiga kali tersingkir dalam babak tersebut. Terakhir kali United tersingkir pada 2017/18 saat mereka kalah dari Bristol City dengan skor 2-1.

Sedangkan bagi Colshester, ini menjadi penampilan pertama mereka di perempat final Piala Carabao sejak 1974/75, ketika itu mereka harus mengakui keunggulan Aston Villa dengan skor 2-1.

Laga ini akan dipimpin oleh David Coote, dengan didampingi oleh dua asisten wasit, Neil Davis dan Nick Hopton, sedangkan David Webb akan bertugas sebagai offisial keempat.

Baca juga:

Petunjuk Park Ji-Sung mengenai aktivitas transfer United di bulan Januari

Man United bertemu Club Brugge di babak 32 Liga Europa

Man United 1-1 Everton: Gol dari Greenwood selamatkan United dari kekalahan

Ole temui langsung perwakilan Haaland

Man Utd vs Everton: United incar kemenangan ketiga beruntun di liga