Manchester City berhasil mempertahankan trofi Piala Carabao mereka setelah mengalahkan Chelsea di final melalui babak adu penalti.

Pertemuan kedua tim kembali terjadi dalam waktu dua minggu, setelah sebelumnya mereka bertemu di Etihad Stadium dalam laga Premier League, dimana City mencukur Chelsea enam gol tanpa balas.

Dalam laga final ini, Manchester City hampir membuka skor di menit ke-22, Bernardo Silva memberi umpan kepada Sergio Aguero di dalam kotak penalti, bola kemudian dikontrol olehnya namun sayangnya sepakannya melambung di atas mistar gawang Kepa Arrizabalaga.

Manchester City berhasil mempertahankan Piala Carabao usai mengalahkan Chelsea di babak adu penalti

Aguero tampak menyesali gagal memanfaatkan peluang yang didapatnya

Di babak kedua, Aguero berhasil mencetak gol ke gawang Kepa, namun sayangnya dianulir oleh wasit setelah melihat VAR, menyatakan bahawa striker Argentina itu telah terperangkap offside setelah dalam rekaman posisinya terlihat nyaris sejajar dengan Antonio Rudiger.

Peluang nyata bagi Chelsea akhirnya datang setelah di menit ke-66 Eden Hazard menemukan ruang untuk berlari, melewati Vincent Kompany, dan memberi umpan kepada N’Golo Kante, namun sayangnya peluang emas yang di dapat masih melambung di atas mistar gawang Ederson.

Manchester City berhasil mempertahankan Piala Carabao usai mengalahkan Chelsea di babak adu penalti

Sepakan Kante masih melambung di atas mistar gawang Ederson

Lima menit kemudian Chelsea kembali mendapat peluang, Willian berhasil memberi umpan kepada Ross Barkley, namun sekali lagi sepakannya juga melambung di atas mistar gawang.

Laga pun berakhir imbang 0-0 dan dilanjutkan dengan babak perpanjangan 2×15 menit di mana City hampir mencetak gol saat Sterling berhasil menerobos masuk pertahanan Chelsea dan memberi umpan kepada Aguero, namun Cesar Azpilicueta berhasil menghalau peluang yang di dapat Aguero.

Aguero kembali mendapat peluang setelah Rudiger tidak sengaja membiarkan Sane bebas dan memberi umpan kepada Aguero, namun sekali lagi sepakannya gagal setelah Kepa berhasil menangkapnya dengan baik.

Namun berkat penyelamatannya itu, Kepa tampak mengalami cedera, namun menolak untuk diganti saat babak adu penalti.

Manchester City berhasil mempertahankan Piala Carabao usai mengalahkan Chelsea di babak adu penalti

Kepa sempat mendapat perawatan, namun menolak untuk di ganti

Dalam babak adu penalti ini, Ederson berhasil menggagalkan penalti pertama dari Jorginho, sebelum Ilkay Gundogan, Azpilicueta, Aguero dan Emerson mencetak gol untuk membuat skor menjadi 2-2.

Kepa kemudian berhasil menggagalkan penalti dari Sane tetapi sayang sepakan (David) Luiz justru membentur tiang.

Setelah itu Bernardo Silva berhasil mencetak gol, dan Hazard dari Chelsea juga berhasil mengeksekusi penalti, membeli tekanan pada penendang terakhir City, Raheem Sterling.

Manchester City berhasil mempertahankan Piala Carabao usai mengalahkan Chelsea di babak adu penalti

Gol penentu dari Sterling berhasil mengamankan trofi pertama City musim ini

Dan Sterling sukses menjadi penentu kemenangan dengan membawa City unggul 4-3 dari Chelsea melalui babak adu penalti, dan berhasil mempertahankan trofi Piala Carabao di Wembley.

Menanggapi kemenangan timnya, Pep Guardiola mengatakan: “Ini pertandingan yang ketat dan kami tahu itu akan terjadi karena itu adalah final. Saya terkesan dengan cara Chelsea bertahan, mereka terorganisir dengan baik dan salah satu tim terberat yang pernah saya hadapi dalam karir saya.

“Kami tahu mereka memiliki harga diri dan mereka akan bereaksi [dari kekalahan 6-0]. Pertandingan ini lebih mirip dengan pertandingan di Stamford Bridge, saat kami kalah. Itu sulit.”

“Saya pikir kami bermain bagus selama 70 menit tetapi kemudian kami menderita karena kami lelah. Kami juga mengalami beberapa cedera yang akan menuntut banyak dari kami dan sekarang kami bisa menderita [di kompetisi lain], tetapi gelar itu akan membantu suasana hati kami untuk maju. Aku lelah tapi aku senang. ”

 

Baca Juga:

Gary Neville yakin Man City akan memenangkan kembali trofi Piala Carabao

Aymeric Laporte menandatangani perpanjangan kontrak hingga 2025 di Manchester City

Man City berupaya mempertahankan gelar saat menghadapi Chelsea di final Piala Carabao

Manchester City belum siap untuk menantang Liga Champions, ungkap Pep

10 pemain Man City kalahkan tuan rumah Schalke 2-3