Polisi kota Manchester mengkonfirmasi bahwa pelaku dugaan rasis dalam derby Manchester telah ditangkap.

Dalam derby Manchester, dimana Manchester City berhadapan dengan Manchester United di Etihad Stadium, terjadi kejadian yang sangat disesali dalam laga tersebut.

Laga yang dimenangkan oleh Man United tersebut dirusak oleh kejadian dimana penggemar Manchester City melempar benda-benda ke arah pemain United, Fred, dan salah satu pemain United mengklaim bahwa mereka dilecehkan secara rasial.

Pelaku dugaan rasis dalam derby Manchester tertangkap
Fred terkena salah satu benda yang dilempar oleh penggemar City

Pihak kepolisian dan Manchester City bergerak cepat dengan menyelidiki rekaman yang memperlihatkan seseorang membuat gerakan rasis, dan pada hari Minggu (waktu Inggris) mereka mengkonfirmasi telah melakukan penangkapan pada seorang pria berusia 41 tahun yang diduga melakukan pelecehan tersebut.

Dikutip dari Sky Sports, “Sekitar pukul 06.55 sore pada hari Sabtu, 7 Desember 2019 polisi dipanggil dalam sebuah laporan tentang seorang pendukung yang membuat gerakan dan suara rasis terhadap para pemain selama derby Manchester City dan Manchester United,” kata pihak kepolisian tersebut.

“Seorang pria berusia 41 tahun telah ditangkap atas dugaan pelanggaran ketertiban umum yang diperburuk oleh ras dan tetap ditahan untuk diinterogasi.”

Pelaku dugaan rasis dalam derby Manchester tertangkap
Seorang pria terlihat membuat gerakan rasis di laga Man City vs Man United

Inspektur Chris Hill dari Divisi Kota Manchester kemudian menambahkan: “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada publik atas dukungan berkelanjutan mereka dengan insiden ini. Rasisme dalam bentuk apa pun tidak memiliki tempat di sepakbola atau masyarakat kita dan saya berharap penangkapan ini menunjukkan bahwa kami menangani hal ini dengan sangat serius.

“Kami akan terus bekerja dengan Manchester City dan Manchester United mengenai insiden ini dan akan menyelidiki setiap jalur penyelidikan lainnya.”