Pep Guardiola meminta maaf kepada Manuel Pellegrini saat menggantikannya menjadi manajer City pada 2016, menjelang pertemuan keduanya pada hari Kamis.

Manchester City menjamu West Ham yang saat ini dipimpin oleh Pellegrini, di Etihad Stadium pada hari Kamis, dimana ia telah mempersembahkan trofi Premier League dan League Cup di musim pertamanya bersama City (2013-14), dan kembali menjuarai League Cup di musim 2015-16.

Namun saat City sedang mengincar quadruple di musim 2015-16, pada Februari 2016 Pep Guardiola diumumkan oleh klub akan menggantikan posisi Pelegrini di akhir musim.

Pep Guardiola meminta maaf kepada Manuel Pellegrini atas apa yang terjadi di 2016

Pellegrini mempersembahkan trofi Premier League di musim pertamanya bersama City

Manchester City yang berhasil memenangkan Piala Liga (League Cup) pada akhir bulan itu harus mendapati bahwa mereka tersingkir dari Piala FA di babak kelima saat kalah 5-1 dari Chelsea, dan menderita tiga kekalahan di liga berturut-turut tak lama setelah pengumuman itu, dan terakhir harus melihat Leicester menjuarai Premier League di musim itu.

Klub berhasil mencapai semi-final Liga Champions pada musim itu, menjadi sejarah bagi klub, tetapi Real Madrid mengalahkan mereka dengan agregat 1-0.

Dan pada hari Kamis, Pellegrini kembali ke Etihad untuk pertama kalinya ketika timnya West Ham United menghadapi mantan timnya Manchester City.

Pep Guardiola meminta maaf kepada Manuel Pellegrini atas apa yang terjadi di 2016

City menjuarai League Cup (Capital One Cup) di tahun 2016

Dilansir dari Sky Sports, “Saya pikir keputusan itu dikonsultasikan oleh semua pihak,” kata Guardiola dalam konferensi pers pra-pertandingan pada hari Selasa.

“Saya pikir semua orang jujur. Tapi saya tidak tahu, hanya Manuel yang bisa menjawab. Saya minta maaf atas apa yang terjadi, tetapi niatnya bukan untuk menciptakan masalah ketika dia ada di sini. Saya tidak tahu.

“Saya di Munich, jadi saya tidak tahu apa yang terjadi di ruang ganti dan apa alasannya. Tetapi jika itu alasannya (mereka tidak memenangkan lebih banyak gelar) – saya pikir tidak ada yang bisa mengetahuinya – saya ‘ Saya menyesal dan saya minta maaf.”

Pep Guardiola meminta maaf kepada Manuel Pellegrini atas apa yang terjadi di 2016

Manchester City memperkenalkan Pep Guardiola sebagai manajer City yang baru menggantikan Manuel Pellegrini pada 2016

Pep pun mengharapkan para penggemar City untuk memberikan tepuk tangan kepada pendahulunya itu, “dia pantas mendapatkannya.”

“Semua pemain yang saya miliki sekarang pernah berada di tangan manajer lain dan mereka belajar banyak dari itu – dan saya mendapat manfaat dari itu,” kata Pep.

“Dalam dekade terakhir, mereka terlibat dengan (Roberto) Mancini dan Manuel dan saya sendiri, dengan semua staf dan semua pemain, kami telah menciptakan Manchester City. Saya tidak membangunnya. Saya tidak menciptakannya. Banyak pemain dan manajer yang luar biasa, semuanya, melakukan sesuatu.

“Semoga kita bisa meninggalkan sesuatu untuk manajer berikutnya untuk melakukan itu. Itu yang terbaik yang bisa kita lakukan untuk manajer lain, meninggalkan sesuatu untuk klub – dan, tentu saja, saya mendapatkan sesuatu dengan apa yang dilakukan Manuel di sini.”

 

Baca Juga:

Menjamu West Ham, Man City berpotensi kembali menggusur Liverpool

Tidak lagi menjadi pilihan utama Pep, De Bruyne merasa baik-baik saja

Jika raih quadruple, Manchester City menjadi tim terbaik yang pernah ada, kata De Bruyne

Kemenangan City di Piala Carabao membawa korban

Manchester City berhasil mempertahankan Piala Carabao usai mengalahkan Chelsea di babak adu penalti