Manchester City mencari kemenangan berikutnya di Piala Carabao saat mereka menjamu Southampton, dalam perjalanan mereka untuk mempertahankan trofi.

Juara bertahan City diyakini akan meraih kemenangan dengan mudah saat mereka berhadapan dengan Southampton di babak 16 besar ini, jika melihat bagaimana mereka dibantai oleh Leicester 9-0 di Premier League.

Namun Pep Guardiola tampaknya akan membuat beberapa perubahan pada skuad Manchester City setelah absennya Fernandinho menyusul diusirnya ia dari lapangan dalam kemenangan 3-0 atas Aston Villa.

Piala Carabao: Preview Man City vs Southampton
Eric Garcia tampaknya akan mendapat kesempatan tampil saat City menghadapi Southampton

Dua pemain muda City, Eric Garcia dan Taylor Harwood-Bellis kemungkinan akan mendapatkan kesempatan bermain mengingat minimnya opsi mereka di lini belakang.

Bek kiri Angelino kemungkinan juga akan bermain setelah ia masuk kelapangan dari bangku cadangan pada hari Sabtu.

Dengan Rodri yang absen karena cedera serta skorsing yang didapat Fernandinho, posisi gelandang bertahan tampaknya akan dipercayakan kepada Ilkay Gundogan.

Piala Carabao: Preview Man City vs Southampton
Ilkay Gundogan akan dimainkan oleh Pep di posisi gelandang bertahan

Di kubu Southampton, setelah kekalahan memalukan dari Leicester, Ralph Hasenhuttl tampaknya akan membuat perubahan saat berkunjung ke markas City, Etihad Stadium.

Namun ia dihadapkan dengan larangan tampil di tiga pertandingan yang di dapat Ryan Bertrand setelah ia diusir oleh wasit dalam kekalahan atas Leicester.

Hasenhuttl juga tidak berharap dapat menurunkan Cedric Soares (betis) dan Moussa Djenepo (pinggul / paha) yang masih absen karena cedera.

Piala Carabao: Preview Man City vs Southampton
Ralph Hasenhuttl dipusingkan dengan absennya beberapa pemain andalannya

Menghadapi Southampton di Piala Carabao, ini menjadi pertemuan keempat City dengan mereka dalam kompetisi tersebut, tetapi mereka memiliki catatan buruk.

Man City tereliminasi pada musim 1978-78, 1982-83 dan 1999-2000, dengan hanya mampu mencatatkan dua kali imbang pada 1982-83 dan 1999-2000.

Meski Southampton sendiri pernah meraih kemenangan di Etihad Stadium pada April 2004, namun setelah itu mereka tidak pernah meraih kemenangan dalam sembilan kunjungan berikutnya dengan hanya mencatatkan sekali imbang dan delapan kali mengalami kekalahan.

Namun Man City memiliki catatan apik dalam 13 pertandingan terakhir di Piala Carabao, dengan mereka belum pernah mengalami kekalahan sejak terakhir mereka merasakannya pada 2016-17, di mana saat itu mereka kalah 1-0 dari rival sekota mereka Manchester United di Old Trafford.

Piala Carabao: Preview Man City vs Southampton
Di laga Premier League musim lalu, Man City meraih kemenangan 6-1 atas Southampton di Etihad Stadium

City pun tampaknya harus waspada dengan penampilan Southampton saat bermain di Piala Carabo, di mana mereka mencatatkan sembilan clean sheet dalam 12 pertandingan terakhir mereka dalam kompetisi tersebut.

Dalam 12 pertandingan terakhit tersebut, mereka juga mencatatkan delapan kemenangan, dua kali imbang dan hanya mengalami dua kekalahan.

Pada laga ini, wasit Jonathan Moss akan memimpin jalannya pertandingan, dengan ia dibantu oleh Simon Bennett dan Edward Smart sebagai asisten wasit, serta Darren Bond sebagai official keempat.

Baca juga:

Pep Guardiola berharap Laporte lekas pulih dari cedera

Susah payah, Man City akhirnya mampu menaklukkan Aston Villa 3-0

Bek City, Zinchenko absen hingga lima minggu

Premier League: Man City vs Aston Villa

Pep puji penampilan luar biasa Sterling