Manchester City menjamu Aston Villa di Etihad Stadium pada laga Premier League kali ini, dan mereka berhasrat untuk memberi tekanan pada Liverpool di puncak klasemen.

Tuan rumah City jelas bersemangat setelah mereka mengalahkan Atalanta dengan skor telak 5-1 di Liga Champions, dan Aston Villa bisa menjadi korban berikutnya.

Kemenangan atas Villa akan semakin memberi tekanan pada Liverpool yang berhadapan dengan Tottenham pada esok hari, setelah mereka hanya bermain imbang saat menghadapi Man United akhir pekan lalu.

Premier League Man City vs Aston Villa
Sterling mencetak hattrick saat City mengalahkan Atalanta 5-1

Jarak Man City dengan Liverpool kini pun hanya tinggal enam poin saja, dan jika pasukan Jurgen Klopp kembali gagal meraih poin penuh saat menghadapi Tottenham, posisi mereka akan semakin terancam dalam perebutan gelar Premier League.

Namun menghadapi Aston Villa, mereka tidak diragukan lagi berada dalam kepercayaan diri yang tinggi setelah meraih kemenangan berturut-turut atas Brighton dan Norwich.

Tim yang baru promosi ke Premier League itu juga berharap dapat memberi masalah besar bagi tuan rumah City, saat mereka terinspirasi dari hasil mengejutkan yang diraih oleh Norwich (3-2) dan Wolves (0-2) saat keduanya mengalahkan Manchester City musim ini.

Premier League Man City vs Aston Villa
Villa dalam kepercayaan diri yang tinggi setelah meraih kemenangan beruntun

Kedua tim telah bertemu di banyak kesempatan, dan Villa tampaknya harus waspada di Etihad dengan Man City memiliki catatan apik dengan meraih kemenangan di sembilan laga kandang terakhir menghadapi mereka, sejak kemenangan yang mereka (Villa) raih pada April 2007 dengan skor 2-0.

Aston Villa bahkan gagal mencetak gol dalam tujuh dari sembilan pertemuan dengan City di Premier League.

Namun saat menjamu Villa, Man City tidak dapat menurunkan skuad terbaik mereka setelah Rodri dan Oleksandr Zinchenko mengalami cedera.

Rodri mendapat cedera hamstring saat City berhadapan dengan Atalanta di Liga Champions, dan diperkirakan akan absen sekitar satu bulan.

Premier League Man City vs Aston Villa
Rodri mengalami cedera hamstring

Sedangkan Zinchenko akan absen setidaknya enam minggu setelah menjalani operasi kecil pada lututnya.

Aston Villa sendiri masih belum dapat diperkuat oleh striker andalan mereka, Jota, setelah ia menjalani operasi dua minggu lalu dan belum bergabung kembali untuk berlatih.

Namun kabar baiknya, Jonathan Kodjia (tulang pipi retak), James Chester (hamstring) dan Kourtney Hause (gondongan) dapat diturunkan setelah mereka tampil untuk tim U23 pada pertengahan pekan.

Baca juga:

Pep puji penampilan luar biasa Sterling

Cedera Rodri membuat Pep Khawatir

City menang telak 5-1 dari Atalanta, Sterling dan Aguero jadi bintang

Gian Piero Gasperini beri penghormatan atas tindakan Pep guardiola terhadapnya

Liga Champions: Man City vs Atalanta