Manchester City menghadapi rival Premier League mereka, Tottenham di leg pertama perempat final Liga Champions dalam perjalanan mereka untuk meraih quadruple musim ini.

City telah memenagkan Piala Carabao sebagai trofi pertama mereka dari empat trofi yang dapat mereka raih musim ini, dan setelah berhasil lolos ke final Piala FA usai menundukkan Brighton 1-0 pada akhir pekan kemarin, fokus mereka saat ini beralih ke laga menghadapi Tottenham, di Liga Champions.

Leg pertama ini akan dilangsungkan di stadion baru milik Tottenham, Tottenham Hotspur Stadium yang baru diresmikan pada 3 April 2019 dengan kapasitas mencapai 62.062 orang, dan Mauricio Pochettino berharap atmosfer luar biasa dari stadion baru mereka saat menjamu Man City.

“Kita tidak bisa menebak suasananya,” kata manajer Tottenham itu. “Ini pertandingan kedua kami di sana.

“Yang pertama di Liga Champions, yang berbeda dengan Premier League. Kami berharap dan berharap bahwa atmosfer akan menjadi luar biasa dan menyulitkan bagi lawan kami.”

Preview perempat final CL leg pertama Tottenham vs Manchester City

Tottenham Hotspur Stadium

Kabar baik bagi Manchester City, striker mereka Sergio Aguero telah kembali berlatih sejak ia mengalami cedera dalam kemenangan 2-0 atas Fulham bulan lalu, dan Kyle Walker serta Benjamin Mendy juga dapat diturunkan di laga perempat final ini.

Namun tidak dengan tuan rumah saat mereka tanpa Eric Dier (pinggul), Erik Lamela dan Serge Aurier (keduanya hamstring), dengan semuanya belatih terpisah saat melanjutkan pemulihan dari cedera.

Sedangkan Fernando Llorente kembali masuk ke dalam skuad setelah absen melawan Crystal Palace pekan lalu karena gegar otak.

Meski kedua tim telah bertemu sebanyak 157 kali di semua kompetisi, namun ini adalah pertemuan pertama kedua tim di Eropa.

Preview perempat final CL leg pertama Tottenham vs Manchester City

Manchester City dan Tottenham sering bertemu dengan total 157 kali pertemuan di semua kompetisi

Dan dari 16 pertemuan terakhir di Premier League, City memenangkan 11 pertandingan terakhir mereka menghadapi Tottenham, dengan laga lainnya berakhir dengan sekali imbang dan empat kali kalah.

Dalam kompetisi Eropa, Tottenham belum pernah menghadapi sesama tim Inggris sejak April 1973 sejak mereka disingkirkan oleh Liverpool di semifinal Piala UEFA musim 1972-73.

Sedangkan Manchester City mengalami empat kekalahan di Eropa saat mereka melawan sesama tim Inggris, mengalami dua kekalahan dari Chelsea di kedua leg di semifinal Piala Winners 1970-71 serta dua kali kalah dalam kedua leg di perempat final Liga Champions musim lalu saat melawan Liverpool.

Preview perempat final CL leg pertama Tottenham vs Manchester City

Gol dari Mahrez (tengah) beri kemenangan City 1-0 atas Tottenham di pertemuan terakhir mereka

Kedua tim telah saling berhadapan di Premier League, dengan pertemuan terakhir kedua tim dimenangkan oleh Manchester City dengan skor 1-0 saat bermain di Wembley.

Dan di laga ini, dikutip dari situs resmi UEFA, Pep Guardiola mengatakan: “Kita tahu apa yang akan kita hadapi dan ada di kepala kita bagaimana kita menanganinya.

“Jika kita ingin maju sebagai tim kita harus menanganinya. Selalu ketika kita bermain melawan mereka, mereka bermain dengan cara itu [secara agresif]. Jika mereka melakukannya, kita harus mencoba untuk melakukannya lagi.”

 

Baca Juga:

Manchester City jumpa Watford di final Piala FA

Pep Guardiola puji penampilan para pemain Man City

Kalahkan Brighton dengan skor tipis, Manchester City melaju ke final Piala FA

Man City siap memenuhi klausul pelepasan Rodri

Preview Semifinal FA Cup: Manchester City vs Brighton