Derby Manchester kali ini mengusung misi tersendiri bagi kedua tim, dengan Man United membutuhkan poin penuh untuk posisi di empat besar, sedangkan Man City membutuhkan poin untuk kembali ke puncak klasemen Premier League dalam upaya mereka mempertahankan gelar.

Setelah kekalahan dari Everton, Manchester United membutuhkan 3 poin agar mereka dapat menjaga harapan untuk mendapat tempat di Liga Champions musim depan, dengan mereka hanya terpatut tiga poin saja dari posisi ke-4 Chelsea di klasemen.

Manajer United, Ole Gunnar Solskjaer meyakini, laga derby adalah pertandingan ideal setelah kekalahan memalukan 4-0 dari Everton.

“Itu adalah pertandingan terbaik yang kami inginkan sekarang. Para pemainnya terluka. Kami mengadakan pertemuan setelah pertandingan dan Anda dapat melihat semua pemain benar-benar terluka oleh performa itu dan permainan City sempurna. Tidak ada tempat bersembunyi di lapangan, ” kata Ole dikutip dari Sky Sports.

PREVIEW PL Manchester United vs Manchester City: Derby sarat kepentingan

Manajer Man United, Ole Gunnar Solskjaer

“Penggemar kami akan mendukung Anda apa pun selama Anda melakukan upaya melawan tim City yang sangat, sangat baik.

“Kita harus siap untuk tekanan dan kualitas yang mereka miliki pada bola. Ketika kita unggul kita harus siap untuk agresi mereka karena mereka akan mematahkan pergelangan kaki dan tumit Anda dan menendang Anda. Mereka tidak akan membiarkan kami melakukan serangan balik dengan mudah. Akan ada pelanggaran, tidak diragukan lagi. ”

Sedangkan bagi Manchester City, kemenangan akan mengantarkan mereka kembali ke puncak klasemen menggusur Liverpool yang unggul dua poin dari mereka, meski telah memainkan satu laga lebih banyak dari City.

“Kami harus memenangkan empat pertandingan untuk mempertahankan gelar (Premier League) kami,” kata Pep Guardiola.

PREVIEW PL Manchester United vs Manchester City: Derby sarat kepentingan

Manajer Man City, Pep Guardiola

“Ini bukan tempat yang mudah untuk pergi tetapi itu adalah tempat yang baik untuk pergi. Kami tahu persis apa yang harus kami lakukan.

“Ini adalah derby dan sepanjang waktu kami bermain melawan United, mereka adalah pertandingan khusus dan para pemain melakukan yang terbaik.”

Derby kali ini, Man United dapat kembali menurunkan Luke Shaw setelah absen di tiga pertandingan karena mendapat larangan bermain di Liga dan Eropa karena akumulasi kartu yang dimilikinya.

PREVIEW PL Manchester United vs Manchester City: Derby sarat kepentingan

Luke Shaw dapat kembali memperkuat Man United

Sedangkan Phil Jones diragukan tampil setelah tertatih-tatih dalam kekalahan atas Everton pada hari Minggu, tetapi Ander Herrera, Eric Bailly dan Antonio Valencia berusaha untuk fit di derby kali ini.

Di tim City sendiri, Pep Guardiola telah mengkonfirmasi bahwa Kevin de Bruyne akan absen di laga derby ini setelah mengalami masalah otot.

PREVIEW PL Manchester United vs Manchester City: Derby sarat kepentingan

Man City kehilangan Kevin de Bruyne yang kembali mengalami cedera

Derby Manchester kali ini menjadi derby ke-160 di liga, dengan Manchester United telah memenangkan 62 laga, 51 kali imbang dan 46 kali kalah dari Manchester City di pertandingan sebelumnya.

Namun Manchester City hanya mengalami satu kekalahan dari tujuh kunjungan liga terakhir mereka ke Old Trafford dengan lima kemenangan dan sekali hasil imbang, dengan bos mereka saat ini Pep Guardiola memenangkan kedua pertandingan di Premier League di Old Trafford dengan skor 2-1.

PREVIEW PL Manchester United vs Manchester City: Derby sarat kepentingan

Man United memenangkan 62 laga sedangkan Man City hanya memenangkan 46 laga dari 159 pertemuan di liga antar kedua tim

Pep mungkin mengincar kemenangan ketiga berturut-turut di Old Trafford, tetapi dalam sejarah Premier League tidak ada manajer tim tamu yang memenangkan tiga pertandingan berturut-turut di Old Trafford, dengan Pep Guardiola adalah satu dari hanya tiga yang memenangkan kedua laga dari dua pertandingan pertamanya (termasuk Sam Allardyce dan Ronald Koeman).

Di musim ini, Manchester United tidak terkalahkan dalam 14 pertandingan terakhir mereka di liga saat bermain di Old Trafford, dengan sembilan kemenangan dan lima kali hasil imbang. Namun, mereka hanya mencatatkan dua clean sheet di Old Trafford di liga musim ini.

PREVIEW PL Manchester United vs Manchester City: Derby sarat kepentingan

Di dua pertemuan terakhir di Old Trafford, Man City meraih kemenangan di kedua laga

Ada catatan kurang baik bagi manajer permanen United, dari tiga manajer terakhir mereka (David Moyes, Louis van Gaal dan Jose Mourinho), ketiganya mengalami kekalahan di pertemuan liga pertama saat menghadapi Manchester City. Hanya Sir Alex Ferguson yang terakhir memenangkan pertandingan pertamanya di derby Manchester dengan skor 2-0 pada Maret 1987.

Derby Manchester ini akan dipimpin oleh Andre Marriner, di mana ia akan memimpin untuk pertama kalinya di derby Manchester sejak 2012. Marriner akan dibantu oleh dua asisten wasit, Scott Ledger dan Simon Long, sementara Craig Pawson akan bertugas sebagai offisial keempat.